Thursday 9 January 2014

Kampung Vietnam, Goresan Sejarah & Kenangan Yang Tak Terlupakan di Mata Dunia Internasional

Sejarah mengenai bangsa Indonesia yang sangat panjang mempunyai kesan tersendiri bagi Masyarakat Indonesia.

Namun hal ini sedikit tampak berbeda bagi masyarakat yang bertetanggaan dengan Negara Singapura yaitu masyarakat di Pulau BATAM.

Pulau ini memiliki kisah pilu dan bersejarah yang tak dimiliki setiap pulau-pulau lainnya di Nusantara Indonesia. Apa saja kisah mengesankan dan pilu itu?




Terukirnya sejarah masyarakat Indonesia dengan para pengungsi yang datang dari Vietnam di masa perperangan pada pertengahan tahun 1970-an silam membuat kenangan tersendiri di Pulau BATAM.

Menurut sejarah 40an tahun silam, saat berakhirnya masa peperangan Vietnam membuat Dunia Internasional peka terhadap permasalahan mengenai para pengungsi. Hal ini disebabkan karena jatuhnya kekuasaan Vietnam Selatan atas Kekuasaan Vietnam Utara/Vietkong.

Jatuhnya kekuasaan itu menyebabkan kekhawatiran mendalam bagi masyarakat Vietnam bagian selatan sehingga membuat mereka terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka dan berinisiatif untuk mencari tempat perlindungan baru.
Hanya bermodalkan perahu-perahu tua yang bocor dan berlubang dengan pengungsi yang berjumlah sekitar 40-100 orang di setiap perahunya mengungsi. Terdiri dari para perempuan&laki-laki tua ataupun muda beserta anak-anaknya menyelamatkan diri dan mengarungi lautan luas tanpa tahu akan ke daratan mana mereka berlabuh.

Hingga tibalah mereka di Pulau 80 Ha yang masih menghutan dengan nama Pulau Galang.



Keprihatinan mucul dari Dunia Internasional. Maka, pulau ini oleh UNHCR (United Nation High Commission For Refugees) dan disetujui pemerintah pusat bersepakat untuk membangun pemukiman sementara bagi para pengungsi yang akan didata dan akan beremigrasi ke negara selanjutnya.

Di Pulau Galang, UNHCR membangun pemukinan yang memiliki fasilitas yang memadai bagi para pengungsi seperti pembangunan tempat ibadah, rumah sakit, sekolah, balai pertemuan, restoran dan pelabuhan kecil yang berfungsi sebagai lalu lintas penyedia kebutuhan pangan bagi para pengungsi.




Tak hanya itu, pemukiman ini juga dilengkapi dengan tempat tinggal bagi petugas lokal UNHCR, agar mempermudah pengawasan, pengaturan, penjagaan keamanan, serta untuk menghindari penyebaran penyakit kelamin Vietnam Rose yang dibawa para pengungsi.

Di Kampung Vietnam juga terdapat "Galang Memorial Hall" yang merupakan tempat pemakaman yang layak dan sekitar 500 jiwa pengungsi yang meninggal karena faktor usia dan penyakit dimakamkan di tempat ini.



18 tahun kemudian setelah peristiwa pengungsian itu, dengan dukungan yang besar dari komunitas internasional seperti UNHCR/badan PBB yang berkaitan dengan masalah pengungsian beserta peran dari Angkatan Laut Indonesia pada saat itu bekerja sama.
Hingga akhirnya sekitar 500 jiwa para pengungsi berhasil dipulangkan ke kampung halamannya dan pengungsi lainnya menuju negara baru seperti Amerika dan Australia.

Kini, pemukiman bersejarah dan penuh dengan nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan ini bisa Anda kunjungi sebagai museum maupun tempat wisata yang lekat dengan pendidikan sejarah.

Ya!!! Bagi mereka yang memiliki kenangan ditempat ini sungguh tak akan pernah melupakan suasana yang sejuk, indah dan tenang yang telat membuat mereka tetap bertahan hidup.

Museum Kampung Vitenam yang terbuka bagi umum ini merupakan bukti nyata di mata dunia internasional bahwa Negara kita Indonesia tidak hanya Negara yang terjajah dan lemah. Tapi Negara kita Indonesia memiliki komitmen penuh untuk berperan dalam nilai-nilai kemanusian, persaudaraan dan sikap toleransi antar sesama akan terukir di sejarah peradaban di Asia Tenggara selamanya.

Tanpa pandang bulu, Indonesia juga berperan dalam kesejahteraan & kemakmuran bagi Dunia Internasional.

Jalan-jalan ke BATAM harus mampir & foto di Kampung Vietnam ini guys, baru liburannya semakin lengkap di BATAM.

Tips & saran untuk berkunjung ke Kampung Vietnam :
- Perjalanan yang cukup panjang (sekitar 1-1,5 jam dari pusat kota BATAM) akan lebih baik jika Anda menyiapkan bekal yang cukup selama perjalanan Anda.
- Baiknya Anda menggunakan kendaraan roda 4 karena lokasi yang cukup dalam dan jauh dari jalan pusat membuat jalanan yang Anda lewati akan sangat sepi.
- Siapkan mental yang cukup karena tak sedikit cerita mistis masih terdengar di pemukiman ini.
- Siapkan kamera yang apik untuk sedikit narsis di tempat bersejarah ini.

Welcome to BATAM or Welcome to Vietnam??????

Datang & rasakan pengalaman menarik di Kampung Vietnam...!!!^^

Happy Holiday...

No comments:

Post a Comment