Monday 16 December 2013

Ferry Terminal Internasional Sekupang, Pelabuhan Terdekat ke Singapura via Batam

Pulau Batam dikenal dengan aksesnya yang paling dekat dengan Singapura. Ada tiga pelabuhan utama di Batam yang melayani penyeberangan ke negara tetangga itu, Batam Center, Harbor Bay, dan Sekupang.

Namun yang memiliki akses terdekat dengan Singapura adalah Pelabuhan Sekupang. Hanya saja, pelabuhan yang melayani 28 perjalanan tiap harinya itu tak terlalu ramai.

"Kalau disini memang tidak terlalu ramai. Yang paling ramai itu di Batam Center," ujar Kasi Unit Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Muhammad Ridwan di Pelabuhan Sekupang saat menemani berkeliling pelabuhan, Jumat (15/11/2013).

Ridwan mengatakan, jika menuju ke Singapura dari Sekupang hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Sementara, jika dari Pelabuhan Batam Center sekitar 45 menit.

"Jam operasi dari pukul 05.30 WIB sampai 22.00 WIB, setiap jam sekali ada," kata Ridwan.

Di Pelabuhan Sekupang sendiri, terdapat 4 operator kapal ferry yaitu Batam Fast, Pacific, Sindo, dan Wave Master. Rata-rata jumlah penumpang yang wara-wiri sekitar 800-1000 orang.

"Kalau weekend lebih ramai. Orang Singapura kesini buat liburan, belanja, pijat, atau main golf. Disini lebih murah soalnya," kata Ridwan.

Untuk tarif tiket penyeberangan sendiri dipatok seharga 30 dollar Singapura untuk perjalanan pulang-pergi. Sementara untuk sekali jalan sekitar 18 dollar Singapura. Harga itu berlaku untuk warga negara Indonesia.

"Itu kena tax 7 dollar. Kalau tiket untuk WNA sekitar 35-38 dollar Singapura," tutup Ridwan.

Source : detik.com

No comments:

Post a Comment